Senin, 22 April 2013

TIGA KEKUATAN HMI; NDP HMI, INDEPENDENSI HMI, DAN PERKADERAN HMI

TIGA KEKUATAN HMI; NDP HMI, INDEPENDENSI HMI, DAN PERKADERAN HMI

banyak orang melihat dari luaran HMI dengan melihat kesuksesan alumninya yang tersebar dalam segala aspek profesi/bidang kehidupan di negeri ini. harus diketahui, mereka berangkat dari proses yang sama di HMI, dengan mengikuti kajian berbagai macam disiplin ilmu dan pemikiran, ikut proses jenjang training baik formal maupun informal, yang didalamnya diadakan proses indoktrinasi secara bertahap, dan mereka juga masuk dalam sistem budaya yang telah mapan di HMI, budaya intelektual dan sebagainya.

HMI dalam mengarungi dinamikanya tetap menjaga independensi, tidak pernah bernaung dalam suatu partai manapun, baik yang berlabel islam maupun nasionalis, disinilah letak kekuatan HMI sehingga mampu menjadi presuer bagi pemerintah yang berkuasa. dan alumninya pun pada gilirannya mampu menyebar pada semua partai yang ada, sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya. yang pasti mereka telah dibekali dengan visi yang telah dibentuk sewaktu ber-HMI.

Danperlu diketahui juga bahwa poses perkaderan HMI sungguh sangat sistemik, sehingga sulit untuk diurai, karena pada praktiknya antara cabang satu dengan cabang yang lainya berbeda, bahkan bisa sangat berbeda, kurikulumnya pun tidak saklek sama seperti yang ada dalam pedoman perkaderan HMI, namun bisa berkembang sesuai dengan kebutuhan dan kearifan lokal dalam suatu daerah. 

proses indoktrinasi ke-islaman dan keindonesiaan termaktub dalam NDP dan mission HMI, menjadi nilai-nilai islam yang pada giliranya diapikasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. walaupun NDP HMI hari ini mendapat banyak kritikan sesuai dengan kebutuhan era kekinian dan masa mendatang. oleh karena itu konsep/kerangka nilaipun harus dikembangkan dan hal ini menjadi grend projek HMI kedepan. selain NDP, sistem perkaderan pun harus mulai dikoreksi ulang, re-coveri perkaderan HMI agar mampu memcetak kader / insan MUSLIM INTELEKTUAL PROFESIONAL MANDIRI. 

Karena kiranya HMI kedepan harus mampu mencetak insan yang secara intelektualitas genius, dan secara ekonomi mampu mandiri. sehingga profile yang tercipta adalah INTELEKTUAL PENGUSAHA. karena kebutuhan ruang globalisasi kedepan adalah jutaan lapangan kerja, sehingga mampu memberikan solusi pada bangsa ini. dan juga mampu mengembalikan harga diri dan wibawa sebagai bangsa yang besar dan berdaulat, yaitu NKRI.

AHLAN EL-FAZ (INSTRUKTUR BPL PBHMI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar