RANCANGAN KERANGKA PEDOMAN PERKADERAN HMI 2015
KATA
PENGANTAR
DAFTAR
ISI
MUKADDIMAH
BAB I
POLA UMUM PERKADERAN HMI
I.
LANDASAN PERKADERAN
1.
LANDASAN TEOLOGIS
2.
LANDASAN IDEOLOGIS
3.
LANDASAN KONSTITUSIONAL
4.
LANDASAN HISTORIS
5.
LANDASAN EKOLOGIS
6.
LANDASAN EKONOMIS
7.
LANDASAN SOSIO-KULTURAL
II.
POLA DASAR PERKADERAN
1.
PENGERTIAN DASAR
2.
ARAH PERKADERAN
3.
REKRUTMEN KADER
4.
PEMBENTUKAN KADER
5.
PENGABDIAN KADER
III.
WUJUD PROFIL KADER HMI
BAB II
POLA DASAR TRAINING
I.
ARAH TRAINING
1.
JENIS-JENIS TRAINING
2.
TUJUAN TRAINING MENURUT JENJANG
DAN JENIS
3.
TARGET TRAINING PERJENJANG
II.
MANAJEMEN TRAINING
1.
METODE PENERAPAN KURIKULUM
2.
KURIKULUM TRAINING/LATIHAN KADER
2.1
MATERI MAPERCA
2.2
MATERI LATIHAN KADER I
2.3
MATERI LATIHAN KADER II
2.4
MATERI LATIHAN KADER III
3.
METODE TRAINING
4.
EVALUASI TRAINING
BAB III
PEDOMAN FOLLOW UP
I.
PENDAHULUAN
1.
FUNGSI
2.
PERTIMBANGAN
3.
TARGET
II.
BENTUK FOLLOW UP TRAINING
1.
PASCA MAPERCA
2.
PASCA LK-I
3.
PASCA LK-II
4.
PASCA LK-III
III.
PEDOMAN KURIKULUM UP GRADING
1.
PENDAHULUAN
2.
KURIKULUM UPGRADING
IV.
SISTEM EVALUASI FOLLOW UP TRAINING
BAB IV
ORGANISASI DAN MEKANISME KERJA PENGELOLA LATIHAN
I.
PENDAHULUAN
II.
UNSUR-UNSUR TRAINING
III.
FUNGSI DAN WEWENANG
IV.
MEKANISME KERJA PENGELOLA LATIHAN
BAB V
SISTEM EVALUASI PENERAPAN PEDOMAN PERKADERAN
I.
PENDAHULUAN
II.
INSTITUSI
III.
FORMAT
IV.
AKREDITASI
V.
SANKSI
VI.
RATIO JENJANG LATIHAN PERKADERAN
FORMAL
BAB VI
STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL PELATIHAN
MASA
PERKENALAN CALON ANGGOTA (MAPERCA)
LATIHAN
KADER I
I.
PENDAHULUAN
II.
PANDUAN LATIHAN KADER I
III.
TUJUAN
IV.
TARGET
V.
UNSUR-UNSUR TRAINING
VI.
MEKANISME PELAKSANAAN
VII.
MANAJEMEN TRAINING
VIII.
PROSES SELEKSI
IX.
MATERI TRAINING
X.
AGENDA TRAINING
XI.
SISTEM PENILAIAN
XII.
TATA TERTIB
XIII.
IKRAR PELANTIKAN
XIV.
RENCANA TINDAK LANJUT PASCA
TRAINING
XV.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
1.
FORMULIR PENDAFTARAN
2.
ABSENSI HARIAN
3.
GRAFIK KEAKTIFAN PESERTA
4.
BIODATA PEMATERI
5.
FORM PENILAIAN
6.
FORM SCREENING
7.
HAND BOOK KEGIATAN HARIAN PESERTA
8.
FORM LAPORAN TRAINING
9.
CONTOH SERTIFIKAT
LATIHAN KADER II
LATIHAN KADER III
BAB VII
STANDAR MUTU PERKADERAN
I.
PENDAHULUAN
II.
MAKSUD DAN TUJUAN
III.
KRITERIA
1.
Komitmen manajemen terhadap mutu
2.
sistem mutu
3.
kontrak dengan pelanggan internal
dan eksternal (hak kader dan orang tua)
4.
kontrol dokumen
5.
kebijakan seleksi dan uian masuk
6.
layanan pendukung pelajar, yang
mencakup kesejahteraan, konseling dan pengarahan tutorial
7.
catatan kemajuan kader
8.
pengembangan, desaign dan
penyampaian kurikulum, strategi-strategi pengajaran dan pembelajaran
9.
penilaian dan tes
10.
konsistensi metode penilaian
11.
prosedur dan catatan penilaian
yang mencakup catatan prestasi
12.
metode dan prosedur diagnostik
untuk mengidentifikasi kegagalan dan kesalahan
13.
tindakan perbaikan terhadap
kegagalan kader. sistem untuk menghadapi komplain dan tuntutan
14.
fasilitas dan lingkungan fisik,
bentuk tawaran lain, seperti fasilitas olah raga, kelompok-kelompok dan
perkumpulan ekstra kurikuler, persatuan kader, fasilitas pembelajaran dan
lain-lain.
15.
catatan mutu
16.
prosedur-prosedur pengesahan dan
audit mutu internal
17.
pelatihan dan pengembangan kader,
mencakup prosedur-prosedur untuk menilai kebutuhan-kebutuhan pelatihan dan
evaluasi efektifitas pelatihan
18.
metode-metode review, monitoring
dan evaluasi
IV.
SANKSI
BAB VIII
PEDOMAN DASAR BADAN PENGELOLA LATIHAN
BAB IX
KODE ETIK PENGELOLA LATIHAN
BAB X
POLA PEMBINAAN PENGELOLA LATIHAN
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar