SISTEM EVALUASI PERKADERAN HMI 1975
SISTEM EVALUASI PERKADERAN HMI 1984
A.
LATAR BELAKANG
1.
RUANG LINGKUP
-
menilai keberhasilan program
training yang dikembangkan melalui sistem training
-
menilai proses pelaksanaan
training dan beberapa instrumen lainnya
-
menilai sistem administrasi /
supervisi training dalam rangka pelaksanaan training
-
menilai isi materi dan metode
penyususnan serta penyampaiannya
-
menilai keoptimalannya usaha yang
dilakukan peserta dalam training
-
menilai pelayanan bimbingan yang
dilakukan terhadap peserta, apabila mendapatkan masalah didalam mengikuti
training
aspek penilaian
-
watak dan kepribadianya (afektif)
-
kemampuan ilmiyahnya (kognitif)
-
keterampilanya (psikomotorik)
2.
TUJUAN
tujuan evaluasi adalah untuk melihat sejauh mana
kualitas/nilai hasil training sehingga dapat diketahui
B.
B PRINSIP-PRINSIP EVALUASI
1.
ciri-ciri evaluasi
a.
dapat menggambarkan secara nyata
kader kualitas perilaku yang meliputi aspek kemampuan ilmiyah, watak, dan
kepribadian serta keterampilan (kognitif, afektif dan psikomotorik)
b.
mengikuti langkah evaluasi yang
meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, penafsiran, dan pelaporan
c.
evaluasi harus dilakukan secara
berkesinambungan selama training berlangsung yang meliputi tahap awal, tahap
selang dan tahap akhir.
d.
hasil evaluasi ditafsirkan dengan
mendasarkan pada norma-norma yang telah ditetapkan sebelumnya.
2.
fungsi evaluasi
C.
SYARAT, BENTUK DAN ALAT EVALUASI
a.
syarat
-
validitas/keshahihanya
-
reliabilitas
-
obyektif
-
norma dan interpretasi
b.
bentuk dan alat evaluasi
-
bentuk evaluasi berbentuk sumatif
(akhir) dan formatif (berkala)
-
alat evaluasi berbentuk uji : lisan, tertulis dan perbuatan. non uji
; pengamatan dan sosiogram.
D.
PELAKSANAAN EVALUASI
1.
tahap orientasi/persiapan
-
bentuk trainng yang akan
dievaluasi
-
ruang lingkup, yaitu bahan
evaluasi yang digunakan meliputi bentuk dan alat evaluasi
-
alat ukur yang digunakan dalam
bentuk pertanyaan yang sudah ditentukan jumlahnya untuk tiap materi dan jenjang
training
-
waktu pelaksanaan evaluasi
(sebelum, sedang dan sesudah training)
-
kunci jawaban dari item
(pertanyaan)
-
jumlah peserta yang akan
dievaluasi
-
alat pengolahan data
2.
tahap pelaksanaan
3.
tahap interpretasi hasil evaluasi
-
pemberian skor tes evaluasi
-
mengubah skor mentah kedalam nilai
terjabar yang dapat berupa
1.
nilai berskala 1-10 (NBS 1-10)
2.
nilai berskala 10-100 (NBS 10-100)
3.
nilai standar Z (Z skor)
4.
ranking
5.
percentile
6.
comulutatif percentile
7.
nilai alphabet
4.
tahap pembuatan laporan hasil
evaluasi
-
penggunaan historiogram
-
penggunaan grafik
-
penggunaan tabel
SISTEM EVALUASI PEDOMAN PERKADERAN TAHUN 2000
SISTEM
EVALUASI PENERAPAN PEDOMAN PERKADERAN
I. PENDAHULUAN
Sebagai organisasi
maahsiswa islam yang memfungsikan diri sebagai organisasi kader, maka HMI
senantiasa berusaha untuk memelihara motivasi, dedikasi dan konsistensi dalam
menjalankan sistem perkaderan yang ada. Dalam usahanya untuk menjaga
konsistensi perkaderan maka perlu ada suatu mekanisme evaluasi penerapan
pedoman perkaderan yang telahdisepakati bersama.
Selama ini penerapan
pedoman perkaderan belum emngalami persamaan secara mendasar etrutama kurikulum
latihannya, oleh karena itu penentuan kurikulum yang dipakai seluruh cabang dan
sekalgus pengelola latihan yang telah ada dituntut menerapkan secara
komprejensif. Hal ini menjadi kebutuhan ang sangat mendesak mengingat kualitas
output kader ditentukan oleh pedoman perkaderan yang diterpkan pada masing
masinbg cabang.
II.
INSTITUSI
Untuk menerapkan mekanisme evaluasi perlu ada institusi
yang jelas, sehingga mekanisme evaluasi ini emnjadi efektif. Dalam struktur HMI penaggungjawab dan pelaksana evaluasi
penerapan pedoman perkaderan adlah bidang PA.
III.
FORMAT
Format
evaluasi pedoman perkaderan:
- kurikulum
- panduan pengelola
latihan.
- Pola rekruitmen.
IV.
AKREDITASI
Akreditasi sebagai suatu
mekanisme pemaksa dalam suatu evaluasi maerpakan upaya yang didorong oleh
keinginan memberikan motivasi yang lebih tinggi terhadap pengelola perkaderan.
Akreditasi ini peruntukkan kepada cabang sebagai institusi yang secara langsung
melaksanakan proses perkaderan. Disamping itu akreditasi berfungsi juga untuk
memetakan penerapan pedoman perkaderan yang dilaksanakan seluruh cabang. Dalam
hal ini akreditasi yang dilakukan adalah bentuk laporn periodik cabang pada
badko HMI diwilayahnya dan PB HMI.
Adapun
akreditasi meliputi:
- Laporan triwulan pelaksanaan
training.
- Frekwensi latihan
a. LK I minimal 2 kali dalam satu semester
b. LK II minimal satu kali dalam satu periode
c. Up grading dan pelatihan minimal empat kali dalam satu periode.
- Aktifitas pembinaan minimal satu kali dalam satu bulan
- Laporan aktifitas pembinaan:
a. bentuk kegiatan
b. tingkat partisipasi.
V.
SANGSI
Apabila tidak memnuhi persyaratan administrasi
cabang tidak dibenarkan mengikuti dan mengelola kegiatan perkaderan tingkat
regional dan nasional.
VI. RATIO JENJANG LATIHAN
PERKADERAN
R*
(oersentase)
100
|
Latihan
Kader I
(Basic
training)
10
|
Latihan
kader II
(intermediete
Training)
3,5
|
Latihan
Kader III
(advance
training)
1,5
|
*=
Jumlah mahasiswa muslim dalam wilayah kinerja cabang.
Evaluasi Training
1. Tujuan :
Mengukur tingkat
keberhasilan training
2. Sasaran :
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
3.
Alat Evaluasi
Test Objektif
Test Subjektif
(esai)
Test Sikap
Test Keterampilan
4. Prosedur Evaluasi :
Pre-Test
Mid-Test (evaluasi
proses)
Post-Test
5. Pembobotan:
-
LK – I :
Kognitif :
30 %
Afektif : 50%
Psikomotorik : 20%
-
LK – I
:
Kognitif : 40%
Afektif : 30%
Psikomotorik : 30%
-
LK – III :
Kognitif :
40%
Afektif : 20%
Psikomotorik : 40%
ASPEK
PENILAIAN
1.
AFEKTIF
- kedisiplinan
- etika
- kerapihan
- presensi
2.
KOGNITIF
- screening
- test
- tugas
- aktivitas forum
3.
PSIKOMOTORIK
- tanggung jawab
- sosialisasi
- kepemimpinan
- ibadah
FORM PA-2
FORMULIR PENILAIAN AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
|
Cabang
|
:
|
|
No. Anggota
|
:
|
|
|
|
|
Kualifikasi
|
:
|
Instruktur Muda
|
|
|
|
No.
|
Aktivitas
|
Jumlah
|
Nilai |
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
|
|
|
|
|
|
Bobot
|
B x J
|
|
|
1.
|
Follow Up/Up Grade
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Diskusi Pendalaman Materi
|
|
70
|
B
|
2
|
|
3
|
|
|
- Simulasi Keinstrukturan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Diskusi Pendalaman NDP
|
|
70
|
B
|
3
|
|
3
|
|
2.
|
Penugasan
sebagai Steering Committee LK I
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
3.
|
Penugasan
sebagai tim rekam proses pada LK I
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4.
|
Penugasan
sebagai asisten instruktur pada LK I
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5.
|
Pembinaan di Komisariat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Mengadakan diskusi komisariat
|
|
76
|
A
|
2
|
|
4
|
|
|
- Memberikan materi :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Maperca/MOP/sejenis
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
b. Follow up LK I
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
c. Acara pelatihan
Kampus
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
d. Acara pelatihan
lain
|
|
|
|
2
|
|
|
|
6.
|
Aktvitas lain :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Memberi materi TPA/Bimbel/dll
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Membuat resume buku
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
- Diskusi kajian tertentu
|
|
76
|
A
|
2
|
|
4
|
|
7.
|
Aktivitas penulisan :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Media HMI Komisariat
|
|
76
|
A
|
2
|
|
4
|
|
|
- Media HMI Cabang
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Media HMI Nasional
|
|
76
|
A
|
4
|
|
4
|
|
|
- Media local
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Media nasional
|
|
76
|
A
|
4
|
|
4
|
|
|
- Makalah/opini lepas
|
|
|
|
4
|
|
|
|
T O T
A L
|
KREDIT
|
|
POINT
|
|
||||
INDEKS
PRESTASI
|
|
__________________,
___________ 200
Mengetahui,
Pengurus
Badan Pengelola Latihan
HMI
Cabang _________________
__________________________________
FORM
PA-3
FORMULIR PENILAIAN AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
|
Cabang
|
:
|
|
No. Anggota
|
:
|
|
|
|
|
Kualifikasi
|
:
|
Instruktur Madya
|
|
|
|
No.
|
Aktivitas
|
Jumlah
|
Nilai |
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
|
|
|
|
|
|
Bobot
|
B x J
|
|
|
1.
|
Follow Up/Up Grade
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Diskusi Pendalaman Materi
|
|
70
|
B
|
2
|
|
3
|
|
|
- Simulasi Kepemanduan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Diskusi Pendalaman NDP
|
|
65
|
C
|
3
|
|
2
|
|
2.
|
Penugasan
sebagai Steering Committee LK II
|
|
70
|
B
|
2
|
|
3
|
|
3.
|
Penugasan
sebagai tim rekam proses pada LK II
|
|
|
|
2
|
|
|
|
4.
|
Penugasan
sebagai instruktur pada LK I
|
|
|
|
3
|
|
|
|
5.
|
Penugasan
sebagai asisten instruktur LK II/MOT LK I
|
|
|
|
4
|
|
|
|
6.
|
Pembinaan di Cabang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Mengadakan diskusi
Cabang/Badiklatda |
|
70
|
B
|
2
|
|
3
|
|
|
- Memberikan materi :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Maperca/MOP/sejenis
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
b. Follow up LK I
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
c. Acara pelatihan
Kampus
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
d. Acara pelatihan
lain
|
|
|
|
2
|
|
|
|
7.
|
Aktvitas lain :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Membuat bahan bacaan LK I
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
- Membuat resume buku
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
- Membuat media LK I
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
- Membuat teaching plan
|
|
|
|
3
|
|
|
|
8.
|
Aktivitas penulisan :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Media HMI Komisariat
|
|
76
|
A
|
2
|
|
4
|
|
|
- Media HMI Cabang
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Media HMI Nasional
|
|
76
|
A
|
4
|
|
4
|
|
|
- Media lokal
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Media nasional
|
|
76
|
A
|
4
|
|
4
|
|
|
- Makalah/opini lepas
|
|
|
|
4
|
|
|
|
T O T
A L
|
KREDIT
|
|
POINT
|
|
||||
INDEKS
PRESTASI
|
|
__________________, ___________ 200
Mengetahui,
Pengurus
Badan Pengelola Latihan
HMI
Cabang _________________
__________________________________
FORM PA-4
FORMULIR PENILAIAN AKTIVITAS
PENGELOLA LATIHAN
Nama
|
:
|
|
Cabang
|
:
|
|
No. Anggota
|
:
|
|
|
|
|
Kualifikasi
|
:
|
Instruktur
|
|
|
|
No.
|
Aktivitas
|
Jumlah
|
Nilai |
HM
|
Kredit
|
AM
|
Point
|
|
|
|
|
|
|
Bobot
|
B x J
|
|
|
1.
|
Follow Up/Up Grade
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Diskusi Pendalaman Materi
|
|
70
|
B
|
2
|
|
3
|
|
2.
|
Penugasan
sebagai instruktur atau MOT pada LK I
|
|
65
|
C
|
2
|
|
2
|
|
3.
|
Penugasan
sebagai instruktur pada LK II
|
|
|
|
3
|
|
|
|
4.
|
Penugasan
sebagai Master of Training LK II
|
|
|
|
4
|
|
|
|
5.
|
Mengelola
pelatihan lain
|
|
|
|
4
|
|
|
|
6.
|
Pembinaan di Cabang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Memberikan materi :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Follow up LK II
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
b. Acara pelatihan
Kampus
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
c. Acara pelatihan
lain
|
|
|
|
2
|
|
|
|
7.
|
Aktvitas lain :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Membuat teaching plan LK II
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
- Membuat bahan bacaan LK II
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
- Membuat media training LK II
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
- Pembinaan terhadap Yunior
|
|
75
|
B
|
2
|
|
3
|
|
8.
|
Aktivitas penulisan :
|
|
|
|
|
|
|
|
|
- Media HMI Komisariat
|
|
76
|
A
|
2
|
|
4
|
|
|
- Media HMI Cabang
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Media HMI Nasional
|
|
76
|
A
|
4
|
|
4
|
|
|
- Media lokal
|
|
76
|
A
|
3
|
|
4
|
|
|
- Media nasional
|
|
76
|
A
|
4
|
|
4
|
|
|
- Makalah/opini lepas
|
|
|
|
4
|
|
|
|
T O T
A L
|
KREDIT
|
|
POINT
|
|
||||
INDEKS
PRESTASI
|
|
FOLLOW UP LEVEL 1 (JENJANG PERTAMA)
|
|||||||||
|
POLA FOLLOW UP PASCA LK I
|
Keterangan
|
|||||||
A.
|
UP GRADING MATERI LK I
|
3 bulan Pertama
|
|||||||
|
|
MATERI LK I
|
Sejarah Perjuangan HMI
|
Peserta dibuat dalam limited group terdiri dari 3-5 orang) yang
dipandu oleh satu orang fasilitator
|
|||||
|
|
Konstitusi HMI
|
|||||||
|
|
Mission HMI
|
|||||||
|
|
Nilai Dasar Perjuangan NDP
|
|||||||
|
|
Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi
|
|||||||
|
|
Materi Muatan Lokal
|
|||||||
|
|
|
|
||||||
B.
|
UP GRADING MATERI
KE-HMI-AN
|
3 Bulan kedua
|
|||||||
|
1.
|
Up
Grading/Kursus kursus
|
Keprotokoleran
|
Peserta dibuat dalam limited group terdiri dari 3-5 orang) yang
dipandu oleh satu orang fasilitator
|
|||||
|
Kepengurusan
|
||||||||
|
Kesekretariatan
|
||||||||
|
Kebendaharaan
|
||||||||
|
Muatan Lokal
|
||||||||
|
|
||||||||
|
2.
|
Aktivitas
|
Kelompok Pengajian Al Qur'an
|
Peserta dibuat dalam limited group terdiri dari 3-5 orang) yang
dipandu oleh satu orang fasilitator
|
|||||
|
Kelompok belajar
|
||||||||
|
Kelornpok diskusi
|
||||||||
|
Pengembangan profesi atau keorganisasian
|
||||||||
|
Bhakti sosial
|
||||||||
|
Kepanitian
|
||||||||
|
|
|
|
|
|||||
FOLLOW UP LEVEL 2 (JENJANG KEDUA)
|
|||||||||
|
POLA FOLLOW UP PERKADERAN PASCA FOLLOW UP LK I
|
|
|||||||
A.
|
INTELLECTUAL/KNOWLEDGE
|
3 – 6 Bulan ketiga
|
|||||||
|
1.
|
Pengetahuan filsafat
|
Filsafat Barat
|
|
|||||
Filsafat Timur
|
|
||||||||
Filsafat Islam
|
|
||||||||
Logika
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
2.
|
Basic Knowledge Keislaman
|
Bahasa Arab
|
|
|||||
Sejarah Sosial Ummat
Islam
|
|
||||||||
Teologi Islam (ilmu
kalam)
|
|
||||||||
Quran &tafsir dan ulumul quran &tafsir
|
|
||||||||
Hadits & Ulumul
Hadits
|
|
||||||||
Fiqh dan Ushul Fiqh
|
|
||||||||
Pemikiran Modern dalam
Islam
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
3.
|
Basic Knowledge Umum
|
Sosiologi
|
|
|||||
Antropologi
|
|
||||||||
Psikologi
|
|
||||||||
Politik dan pemerintahan
|
|
||||||||
Ekonomi; Makro dan Mikro
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
4.
|
Wawasan Global
|
Contemporary Studies
|
|
|||||
|
Cultural Studies
|
|
|||||||
|
Wawasan Internasional
|
|
|||||||
B.
|
SKILLS
|
|
|||||||
|
1.
|
Penulisan
|
Penulisan Ilmiah
(skripsi/TA, Makalah)
|
|
|||||
Penulisan Populer
|
|
||||||||
Penulisan Laporan Penelitian
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
|
Teknologi Informasi (IT)
|
Software dan Hardware Komputer
|
|
|||||
Internet dan aplikasinya (email, browsing
etc.)
|
|
||||||||
Aplikasi Microsoft Office (Word, Excel,
Powerpoint, Publisher, Access)
|
|
||||||||
Aplikasi Desain Grafis (Corel Draw &
Photoshop)
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
2.
|
Kemampuan Retorika dan Komunikasi Massa
|
Orasi dan public speaking
|
|
|||||
Komunikasi dan Teknik Lobi
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
3.
|
Bahasa Asing
|
Bahasa Inggris
|
Pilihan, 1 bahasa asing selain Inggris
|
|||||
Bahasa Jepang
|
|||||||||
Bahasa Mandarin
|
|||||||||
Bahasa Prancis
|
|||||||||
Bahasa Spanyo/latin/ibrani/persia
|
|||||||||
Etc.
|
|||||||||
|
4.
|
Metodologi Penelitian (Research)
|
Penelitian Sosial
|
|
|||||
Penelitian Sains/eksakta
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
5.
|
Kewirausahaan
|
|
Disesuaikan dengan minat; lihat
pedoman-pedoman
|
|||||
|
|||||||||
|
|||||||||
C.
|
ATTITUDES
|
|
|||||||
|
1.
|
Keshalihan Individu
|
Kejujuran
|
|
|||||
Etika/akhlaq al karimah
|
|
||||||||
Disiplin
|
|
||||||||
Baca Quran & terjemah
|
|
||||||||
Sholat Berjamaah
|
|
||||||||
Penanaman Nilai-nilai Spiritual
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
2.
|
Keshalihan Sosial
|
Positive Mental Attitude
|
|
|||||
Charity/social Activities ; bakti sosial etc.
|
|
||||||||
Etika pergaulan
|
|
||||||||
|
|
||||||||
|
|
|
|
|
|||||
XX
|
KEPEREMPUANAN (OPTIONAL)
|
Disesuaikan
|
|||||||
|
1.
|
Keislaman
|
Perempuan dalam pandangan
Islam
|
|
|||||
|
Gender dan Persoalannya
dalam Islam
|
|
|||||||
|
Fiqh Perempuan
|
|
|||||||
|
Fiqih Nikah (dan Rumah
Tangga)
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|||||
|
2.
|
Social Attachment
|
Perempuan dan masalah
sosial (kenegaraan, kemasyarakatan, etc.)
|
|
|||||
|
|
Perempuan dan Pendidikan
|
|
||||||
|
|
Perempuan dan Ibu
|
|
||||||
|
|||||||||
FOLLOW UP LEVEL 3 (JENJANG KETIGA)
|
|||||||||
FOLLOW UP LEVEL 1 (JENJANG PERTAMA)
|
||||||||
|
POLA FOLLOW UP PASCA LK I
|
PENILAIAN
|
||||||
A.
|
UP GRADING MATERI LK I
|
|
I
|
S
|
A
|
|
||
|
|
Materi LK I
|
Sejarah Perjuangan HMI
|
|
|
|
|
|
|
|
Konstitusi HMI
|
|
|
|
|
||
|
|
Mission HMI
|
|
|
|
|
||
|
|
Nilai Dasar Perjuangan NDP
|
|
|
|
|
||
|
|
Kepemimpinan dan Manajemen Organisasi
|
|
|
|
|
||
|
|
Materi Muatan Lokal
|
|
|
|
|
||
|
|
Nilai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
UP GRADING MATERI
KE-HMI-AN
|
|
|
|
|
|
||
|
1.
|
Up
Grading/Kursus kursus
|
Keprotokoleran
|
|
|
|
|
|
|
Kepengurusan
|
|
|
|
|
|||
|
Kesekretariatan
|
|
|
|
|
|||
|
Kebendaharaan
|
|
|
|
|
|||
|
Muatan Lokal
|
|
|
|
|
|||
|
Nilai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
||
|
2.
|
Aktivitas
|
Kelompok Pengajian Al Qur'an
|
|
|
|
|
|
|
Kelompok belajar
|
|
|
|
|
|||
|
Kelornpok diskusi
|
|
|
|
|
|||
|
Pengembangan profesi atau keorganisasian
|
|
|
|
|
|||
|
Bhakti sosial
|
|
|
|
|
|||
|
Seminar/bedah buku
|
|
|
|
|
|||
|
|
Nilai Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
POLA FOLLOW UP PERKADERAN PASCA FOLLOW UP LK I
|
|
||||||
A.
|
INTELLECTUAL/KNOWLEDGE
|
|
||||||
|
1.
|
Pengetahuan filsafat
|
Filsafat Barat
|
|
||||
Filsafat Timur
|
|
|||||||
Filsafat Islam
|
|
|||||||
Logika
|
|
|||||||
Etc.
|
|
|||||||
|
2.
|
Basic Knowledge Keislaman
|
Bahasa Arab
|
|
||||
Sejarah Sosial Ummat
Islam
|
|
|||||||
Teologi Islam (ilmu
kalam)
|
|
|||||||
Quran &tafsir dan ulumul quran &tafsir
|
|
|||||||
Hadits & Ulumul
Hadits
|
|
|||||||
Fiqh dan Ushul Fiqh
|
|
|||||||
Pemikiran Modern dalam
Islam
|
|
|||||||
Etc.
|
|
|||||||
|
3.
|
Basic Knowledge Umum
|
Sosiologi
|
|
||||
Antropologi
|
|
|||||||
Psikologi
|
|
|||||||
Politik dan pemerintahan
|
|
|||||||
Ekonomi; Makro dan Mikro
|
|
|||||||
Etc.
|
|
|||||||
|
4.
|
Wawasan Global
|
Contemporary Studies
|
|
||||
|
Cultural Studies
|
|
||||||
|
Wawasan Internasional
|
|
||||||
B.
|
SKILLS
|
|
||||||
|
1.
|
Penulisan
|
Penulisan Ilmiah
(skripsi/TA, Makalah)
|
|
||||
Penulisan Populer
|
|
|||||||
Penulisan Laporan Penelitian
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
|
Teknologi Informasi (IT)
|
Software dan Hardware Komputer
|
|
||||
Internet dan aplikasinya (email, browsing
etc.)
|
|
|||||||
Aplikasi Microsoft Office (Word, Excel,
Powerpoint, Publisher, Access)
|
|
|||||||
Aplikasi Desain Grafis (Corel Draw &
Photoshop)
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
2.
|
Kemampuan Retorika dan Komunikasi Massa
|
Orasi dan public speaking
|
|
||||
Komunikasi dan Teknik Lobi
|
|
|||||||
Etc.
|
|
|||||||
|
3.
|
Bahasa Asing
|
Bahasa Inggris
|
|
||||
Bahasa Jepang
|
|
|||||||
Bahasa Mandarin
|
|
|||||||
Bahasa Prancis
|
|
|||||||
Bahasa Spanyo/latin/ibrani/Persia
|
|
|||||||
Etc.
|
|
|||||||
|
4.
|
Metodologi Penelitian (Research)
|
Penelitian Sosial
|
|
||||
Penelitian Sains/eksakta
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
5.
|
Kewirausahaan
|
|
|
||||
|
||||||||
|
||||||||
C.
|
ATTITUDES
|
|
||||||
|
1.
|
Keshalihan Individu
|
Kejujuran
|
|
||||
Etika/akhlak
|
|
|||||||
Disiplin
|
|
|||||||
Baca Quran & terjemah
|
|
|||||||
Sholat Berjamaah
|
|
|||||||
Penanaman Nilai-nilai Spiritual
|
|
|||||||
|
|
|||||||
|
2.
|
Keshalihan Sosial
|
Positive Mental Attitude
|
|
||||
Charity/social Activities
|
|
|||||||
Etika pergaulan
|
|
|||||||
|
|
|||||||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar